Pages

Yakinlah dengan mimpi-mimpi kita, Percayalah dengan apa yang kita yakini.

Ketika orang-orang di sekitar kita mulai meragukan kemampuan kita, maka satu-satu nya cara untuk tetap bertahan adalah, kita harus yakin dengan diri kita. Orang lain tidak akan percaya dengan kita selama kita sendiri meragukan diri kita sendiri.

Ibu Sri Mulyani (Managing Director of World Bank) : Kiprah kita tak boleh berhenti sebatas wilayah.

Mengingat diri kita adalah manusia dengan kapasitas berfikir yang lebih sempurna, kita memiliki tanggung jawab peran untuk melakukan hal terbaik, tidak hanya di tataran lingkungan sendiri (jago kandang ) melainkan juga berani di luar kandang.

Bapak Roy Suryo (Menpora RI) : Energi pemuda itu seperti tidak pernah ada habisnya.

Menjadi Pemuda adalah sebuah takdir sekaligus pilihan, yang meyakini pilihan adalah ketika kita mau menggunakan energi pemuda itu untuk memberikan manfaat kepada linkungan sekitarnya. Hidup Pemuda Indonesia.

Anies Baswedan Menteri Pendidikan: Pendidikan adalah eskalator peradaban.

Memilih untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya demi terciptanya peradaban yang lebih baik bukanlah impian yang salah.

Bapak Dahlan Iskan (Menteri BUMN RI) : Selalu lakukan hal dengan kesungguhan dan ketekunan.

Jika kita merasa pantas memiliki mimpi, maka yakinilah kalau kita pantas meraihny.

Bapak Ruhut Sitompul : Dialog kebersamaan itu tercipta.

Hanya menyapa dan memanggil nama, semuanya terasa akrab, meski terbiasa dibatasi layar kaca.

Saya percaya senyum telah merekat kuat.

Kebersamaan akan selalu menciptakan kesempatan untuk tersenyum lebih hangat, tertawa lebih renyah dan kedekatan persahabatan yang terikat keuat.

Bapak Renald Kasali Tokoh Perubahan Nasional.

Kita jangan kalah seperti bunglon,;Jangan Takut Melakukan Perubahan!..” “Change is the only evidence of life”.

Ahmad Fuadi (Penulis Novel Best Seller Trilogi Negeri 5 Menara): Man Jadda Wa jadda

Jika mau mendapatkan apa yang kita inginkan, pertama adalah usaha, kedua usaha, ketiga juga usaha selanjutnya berdoa dan tawakal kepada tuhan.

Fourm Indonesia Muda (FIM): Kita akan selalu memilih.

Keputusan besar diambil ketika kita tahu bahwa kita pantas tumbuh menjadi pribadi yang mau terus tumbuh dan belajar berjiwa besar.

PPAN : Terpilih untuk memilih

Dalam hidup kita selalu mendapatkan kesempatan untuk memilih, pun juga terpilih untuk memilih.

Keberagaman membuat kita semakin kaya

Keberadaan diri kita di muka bumi ini adalah bagian kecil dari sebuah kekuatan besar yang ada di dunia, bisa benar - benar terwujud jika kita mampu menyatukan setiap bagian-bagian kecil tersebut menjadi satu.

Pemuda harus terus bergerak untuk maju.

Menjadi Pemuda adalah sebuah takdir sekaligus pilihan, yang meyakini pilihan adalah ketika kita mau menggunakan energi pemuda itu untuk memberikan manfaat kepada linkungan sekitarnya.

Menggali nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Sebagai pemuda yang mencintai tanah airnya, menggalih pemahaman tentang budaya adalah harga mati

GALA DINNER Bersama Jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Kepercayaan, kepantasan akan menjadi hadiah bagi mereka yang mengusahakannya.

Membuka senyum adalah anugrah terindah.

Senyum itu pertanda bahwa ada kehangatan dalam bentuk kebahagiaan yang ditularkan.

Iwan Sunito (Miliarder Indonesia di Autralia) : Kata beliau "Ndi, kamu pasti bisa lebih sukses ".

Energi yang di tularkan orang besar memiliki kekuatan besar yang sangat berpengaruh pada kehidupan seseorang.

On Air : Sekali di udara tetap di udara".

Demikan pesan-pesan kebaikan telah terhaturkan, bukan untuk menggurui hanya saling menasehati

Hasrat untuk peduli itu adalah panggilan jiwa.

Menjadi Pemuda adalah sebuah takdir sekaligus pilihan, yang meyakini pilihan adalah ketika kita mau menggunakan energi pemuda itu untuk memberikan manfaat kepada linkungan sekitarnya. Hidup Pemuda Indonesia.

Teladan diri adalah ketika kita mencoba berpenampilan terbaik.

Respect atau menghormati adalah bukan sekedar kita memberi apresiasi kepada orang lain, namun bagaimana kita menghormati diri sendiri terlebih dahulu.

Kekuatan terbesar itu adalah ketika kita mau bersinergi.

Potensi besar itu akan menjadi lebih besar lagi apabila kita mau bersinergi satu sama lain. Tiada hal remeh jika kita mau bersinergi.

Lebarkan sayap silaturahmi, temukan hikmah yang terserak

Ciptakan nilai tambah dimanapun kita berada. Bangunlah jaringan pertemanan sebanyak mungkin.

Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono : Untuk sampai bertemu denganya haruslah memantaskan diri.

Memantaskan diri adalah sebuah persiapan untuk menghadapi kenyataan dari meraih mimpi. Percayalah, persiapan membuat segala hal terasa lebih percaya diri untuk di hadapi.

Satu langkah menuju perbaikan adalah kemajuan.

Lingkungan positif memberi peranan besar dalam pembentukan siapa diri kita. Menjadi baik dan buruk di tentukan oleh lingkungan sekitar kita. Berani maju?? Carilah lingkungan positif.

Kebersamaan selalu memperkaya segala hal.

Hanya orang-orang dekat yang menganggap diri kita adalah bagian hidupnya--- yang mau merasakan susah dan senang bersama.

Kekeluargaan itu penting karena disitulah cinta bersemayam dan berkembang.

Saling mengisi, saling menggenapi adalah alasan adanya kebersamaan. Disitulah kita seharusnya tumbuh bersama.

Sebuah makna TEAM (Together Everyone Achieve More)

Dua tangan lebih baik dari satu tangan, tiga tangan lebih baik dari 2 tangan, semakin kita mampu berkolaborasi dalam sebuah team. Memberikan kita kesempatan berkembang lebih cepat.

Kemenangan itu bukan milik aku atau kamu tetapi milik kita.

Keberhasilan itu di ukur bukan dari hasil yang di raih saja melainkan dari pelajaran- pelajaran berharga yang di peroleh selama proses percapaianya.

Bapak Elmir Amin pendiri Forum Indonesia Muda (FIM) : Habiskan Jatah Gagalmu

Kegagalan ada batasnya, begitulah kata beliau. Jika ingin tau bagaiamana menentukan masa depan suatu bangsa bisa di lihat dari bagaimana pemudanya sekarang.

Memiliki cita-cita mulia salah satunya adalah menjadi bermanfaat.

Pertanyaan yang susah di jawab oleh diri kita adalah “Apa yang telah kita berikan kepada sesama?”

Yakinlah dengan mimpi-mimpi kita, Percayalah dengan apa yang kita yakini.

Ketika orang-orang di sekitar kita mulai meragukan kemampuan kita, maka satu-satu nya cara untuk tetap bertahan adalah, kita harus yakin dengan diri kita. Orang lain tidak akan percaya dengan kita selama kita sendiri meragukan diri kita sendiri.

Rabu, 15 Oktober 2014

Secuil kata (untuk kawan di Youth Camp 2014 )

Di catat di Kereta Api Gajah wong / 137 Gerbong 8 no kursi 5B pada Jumat 20 Juni 2014 pukul 21:15 WIB.

Bismillahinrahmanirahmi insya allah dalam perjalanan menuju Eagle Hill Mega Mendung Bogor. Jawa Barat untuk Agenda “Youth Camp 2014 - Youn & Locavore “

Kursi berderik-derik, Gerbong yang kunaiki terdengar lesu begermuruh; bunyi berdecit rel kereta api yang beradu dengan roda besi kereta ini kadang nyaring terdengar, kadang ringkih terdengar. Sedikit gaduh namun terasa menghanyutkan untuk di nikmati. Sesekali gerbong kereta kami bergoyang-goyang sayahdu, namun masih dalam kadar yang tidak membuat kami panik, malah hal itu membuat sebagian penumpang di sebelah kanan- kiri- depan dan belakangku tampak tenggelam dalam lelapnya tidur.

Mereka masing-masing tampak asyik menata mimpi dalam benaknya yang luruh tak berdaya. Jika aku edarkan pandangan. Mataku tak menemukan keramaian yang berarti, wajah-wajah lesu dengan tempias lelah menggelayut di wajahya. Kantuk nya terasa seperti begitu berat membebani kelopak matanya, butuh energi besar untuk hanya membukanya. Itulah yang aku amati saat ini.

Kawan, Malam ini adalah moment perjalanan spiritualku untuk kembali mencari ilmu atau mencari hikmah yang tercecer, begitu kata ustadzku dulu pernah menasehati. Kembali mengisi energy untuk belajar lebih tentang ilmu baru, belajar tentang hal-hal yang menjadi isu bangsa ini yaitu tentang isu pangan, kedaulatan pangan lokal lebih tepatnya. Bertajuk “Youth Camp 2014 Locavore” aku sertakan diriku bergabung di dalamnya. Sebuah acara kepemudaan yang akan di adakan mulai dari Sabtu 21 juni 2014-22 Juni 2014 di Eagle Hills, Mega Mendung Bogor Jawa Barat.

Bismillah semoga bermanfaat.

Sedikit bercerita tentang acara yang aku ikuti ini, sebelumnya aku bersyukur karena Allah telah  mengijinkan aku mengecap rasanya bertemu dengan sahabat-sahabat luar biasa dengan berbagai latar belakang, berbagai prestasinya yang luar biasa yang sampai detik ini membuat aku ingin seperti mereka --- yang tak pernah berhenti melangkah dalam menempa diri melejitkan potensi.

Langsung saja kawan. Seperti acara-cara lainnya, acara "Youth Camp 2014 - Young & Locavore" ini juga tidak banyak perbedaaanya. Untuk mengikuti acara ini, kami -- para calon peserta-- harus lulus terlebih dahulu melalui tahap seleksi untuk sampai benar-benar menjadi Fixed Participant atau peserta yang dinyatakan benar-benar lolos dengan persyaratan sebagai berikut : yaitu pertama membuat tulisan essay tentang kedaulatan pangan sepanjang 500 kata. Menyertakan foto diri dengan makanan favorit dan juga di minta untuk mengirimkan CV (Curriculum Vitae) rekam jejak langkah hidup kita (Selama masa-masa belajar di universitas kehidupan).

Data yang aku dapatkan dari panitia ada sekitar 100-an lebih pendaftar, dari masing-masing pendaftar akan diseleksi terlebih dahulu utnuk menuju 24 peserta terpilih. Bagi mereka yang lolos seleksi maka akan mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara “Youth Camp 2014 - Young & Locavore.  

Semua biaya akomodasi dan transportasi peserta yang lolos akan di tanggung oleh panitia penyelenggara. Alhamdulilah bersyukur bisa lolos, namun satu hal yang ingin aku katakan juga bagi teman yang belum rejekinya lolos,  bukan berarti kita tidak pantas, tetapi hanya belum saatnya saja kalian bisa ikut dan yang terpenting adalah percayalah bahwa nanti akan ada gilirannya untuk sama-sama merasakan menjadi peserta yang lolos. Hal serupa juga pernah aku alami bahkan sering ketika dulu di awal-awal masa belajar hikmah bahkan berkali-kali mendaftar untuk mengikuti seleksi acara tertentu namun selalu gagal alias tidak lolos.

Namun satu hal yang sampai saat ini aku jadikan pelajaran adalah bahwa kita tidak boleh menyerah dalam mencoba, jika kita yakin langkah yang kita ambil adalah sesuai dengan passion kita maka teruslah mencoba karena ketika terus mencoba maka lama-lama kita akan semakin banyak belajar dari kesalahan, karen ketika terus mencoba maka dengan sendirinya kita sedang belajar memperpantas diri dengan terus meningkatkan kapasitas.

Malam memang mulai beranjak larut,
§  Di gerbong kereta api ini tampak bisu, Malam beranjak pelan tapi pasti mulai larut, didalam kereta semakin sunyi senyap, mereka tidur dengan begitu pulasnya berteman selimut menutubpi badan yang mereka sewa dengan harga 6.000 perak. Senyap ini begitu terasa bahkan suara jemariku yang lincah menari-nari di tut keyboard pun sampai terdengar. Aku terus menulis untuk menulis rutin harian ku ya meski tulisan ku tidak bagus, namun aku selalu berharap akan ada manfaat ketika ada orang yang membacanya, minimal merasa semangatnya tergugah kembali.
Kawan, ada beberapa hal yang ingin aku ceritakan di sini. Salah satu kebahagiaan dalam ke ikut sertaanku di cara ini adalah kami ( aku dan teman teman peserta yang lainya ) berkesampatan menyulam kembali benang-benang silaturahmi. Benang-banang yang mampu menghubungkan jalur berkuasanya tuhan atas limpahan rizki yang tuhan berikan kepada hambannya, jalur yang memberikan kita kesempatan memperpanjang usia ketika kita membentangkannya. Jalur yang akan semakin membuka seluas-luasnya berkah persaudaraan. Itulah silaturhami.

Dalam kesempatan acara ini alhmadulilah bisa berjumpa dengan sahabat-sahabt inspiratif yang sebelumnya pernah berjumpa di event-event nasional bergengsi lainnya , seperti misalnya di acara Youth Camp 2014 ini aku berkesempatan berjumpa dengan Siska Yuliana Sari mahasiswa UI yang dulu juga pada kesempatan yang sama aku dan dia adalah merupakan peserta terpilih di EIC (Entrepreneur Indonesia Camp 2013 di Universitas Brawijaya Malang), juga bertemu dengan sahabat inspiratif Irene Sarah mahasiswa ITB Bandung, pada kesempatan yang sama kami juga pernah satu acara bergengsi nasional yaitu PGC (Parahyangan Green Challenge 2014 di UNPAR Bandung) dan yang tidak kalah seru juga di kesempatan acara “Youth Camp 2014 Locavore”  ini aku akan berjumpa dengan Ryan Frizky mahasiswa IPB Bogor yang juga pada kesempatan yang sama pernah berjumpa di acara nasional bergengsi Forum Indonesia Muda, kebetulan Ryan Frizki adalah angkatan 16 di Forum Indonesia Muda, sedangkan aku angkatan ke- 15 nya. Sungguh ini seperti gerakan tangan tuhan  menghubungkan titik – titik kerinduan pada sahabat yang lama tak jumpa #lebay.

Kawan, di dalam ruangan berbentuk ular memanjang ini, maka aku seperti berada di dalam perut ular besi, jika kamu sedang di angkasa sana dan melihat kereta api ini melaju, mungkin kamu hanya akan melihat sebentuk benda panjang yang meluncur dan hanya tampak lampu sorot depan di bagian masinis saja yang melaju, bergerak kearah depan dengan kecepatan sedang.
Namun jika kamu mampu mengamati dengan seksama kereta yang kamu lihat itu dari angkasa sana, Lihatlah dengan seksama Kereta Api Gajah wong pada  Gerbong 8 kemudian kamu kira-kira saja nomer urut  kursi 5B. Jika kamu mampu mengira-ngira nomer urut kursi tersebut maka kawan, aku sedang duduk teronggok disana mengetik ini. Namun di luar tadi sempat hujan deras, jadi mungkin saja kamu tidak mau menyempatkan walaupun hanya sekadar membayangkannya saja menyaksikan dari angkasa keretaku melaju.

Dibagian akhir ingin aku sampaikan :

Suasana mulai kuyu, mataku mulai mengantuk, jangankan meneruskan mengetik, menatap layar laptop saja sudah terasa sangat berat. namun susah untuk aku pejamkan. Handphone Galaxi Mini 2 ku yang aku jadikan sebagai acces point tethering Wifi telah memberiku banyak sekali kebahagiaan, kebahagiaan itu lantaran aku mampu membagi siluet kebahagiaan yang terbit di hati untuk aku rangkum menjadi kata-kata yang berderet ini. Aku berharap kamu tak bosan membacanya. Memberi tahu tentang gemuruh suara gerbong kereta api yang mendayu-dayu bertabur dengan euphoria kebahagiaan, di tingkahi oleh dingin mencucuk dari Air Conditioner, Dengan takzim aku sudahi percumbuanku dengan laptop Toshiba biruku. Thanks

Follow Tumblr : http://andiyantosangpembelajar.tumblr.com/about/ 

Fan Page  Sang Pembelajar :http://facebook.com/andiyantosangpembelajar
Twitter : @andiyantosmile
PIN BB 7436105E





0 komentar:

Posting Komentar

Setelah membaca tulisan di atas, silakan berikan tanggapan/ komentar/ inspirasimu di bawah sini :

Baca juga tulisan di bawah ini :